Sabtu, 01 Agustus 2009

tugas IMK STMIK JAYANUSA 2009

penghapusan batas manusia/pc 2020

Sejak manusia mulai ber-interaksi dengan komputer melalui mouse 20 tahun yang lalu, sebagian besar human computer interface (HCI) tidak ber-evolusi. Akan tetapi akhir - akhir ini, dengan mulai menjamurnya alat - alat portabel, HCI mulai berubah. Di bulan Maret 2008, Microsoft mengundang 45 ilmuwan terkemuka untuk mendiskusikan di mana HCI akan berada di tahun 2020.

Diskusi ini berkesimpulan bahwa suara dan gerakan tubuh akan memegang peran penting di HCI masa depan, bahkan menyimpulkan kalau gerakan syaraf akan mulai dipakai untuk mengontrol komputer, terutama untuk orang - orang cacat. Laporan ini juga memprediksi bahwa konektivitas yang selalu ada memungkinkan komputer untuk berperan sebagai pendukung ingatan manusia, dan saat dikombinasikan dengan kinerja yang besar, memungkinkan mereka untuk membantu pemikiran manusia.

Komputer - komputer saat ini sudah mulai meng-identifikasi kita melalui RFID dan identifikasi wajah, melacak melalui GPS dan CCTV. Pada intinya, saat ini kita sudah mulai ber-interaksi dengan sistem komputer setiap kali mengunjungi bandara.

Para ahli memprediksi bahwa tren ini akan bertumbuh semakin cepat dan meluas, menyebabkan masalah privasi yang serius. Dalam beberapa kasus, seperti peralatan medis yang ditanam dalam tubuh manusia, perbatasan antara manusia dan komputer sudah hampir hilang, dengan adanya alat yang dapat memonitor dan memanipulasi detak jantung dan jantung itu sendiri.

Untuk hasil diskusi lengkapnya, laporan yang merangkum kesimpulan diskusi ini telah disediakan untuk dapat diunduh publik di situs riset Microsoft.

Fenomena CMS dalam Kaitannya dengan Perkembangan Interface pada Aplikasi Web

Salah satu media dalam interaksi manusia dan komputer adalah userinterface. User interface sebagai salah satu bagian dari sebuah perangkat lunak mempunyai peranan penting dalam membantu kita untuk mengerti apa yang terjadi di antara pengguna dan sistem juga menerjemahkan tujuan dan apa yang diinginkan oleh user serta apa yang harus dikerjakan oleh sistem.

Interface harus dirancang agar memenuhi prinsip usability (kegunaan) namun juga tidak mengurangi nilai ergonomiknya. Kini ragam interface pengguna sudah semakin banyak, salah satunya adalah iconic interface yang menggunakan gambar sebagai simbol. Seiring perubahan zaman dimana aplikasi berbasis web lebih mendominasi dan menyamai aplikasi desktop dari segala hal termasuk interface. Memungkinkan interface ini untuk diterapkan pada aplikasi berbasis web.

Aplikasi yang banyak menggunakan Iconic Interface ini adalah aplikasi content Management System (CMS). Aplikasi seperti ini banyak dimiliki oleh berbagai situs, seperti situs jejaring sosial, portal berita, e-learning dan masih banyak lagi. Kata kunci : Usability, Interface, Icon, Gambar.

Interface adalah penghubung antara suatu sistem dengan penggunanya, juga merupakan hal pertama yang dilihat oleh pengguna. Interface harus dapat memberi kesan pertama yang baik pada pengguna. Dengan menggunakan interface yang baik maka kinerja pengguna akan meningkat karena interfacelah yang mengarahkan pengguna untuk mencapai tujuannya. Sama halnya dengan iconic interface yang dibuat bukan tanpa maksud dan alasan tertentu. Iconic interface ini lebih sering digunakan untuk aplikasi Content Management System yang notabene hanya digunakan oleh pengguna tertentu saja.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar